Senin, 29 November 2010

Mengganti Puasa Ramadhan yang tidak dikerjakan pada awal pubertas

Pertanyaan:
Sekitar sepuluh tahun yang lalu saya melewati sebuah tahap yang dikenal dengan pubertas. Namun, pada tahun pertama masa dewasa saya, saya tidak puasa bulan Ramadhan meskipun  saya tidak punya alasan fisik. Itu karena ketidaktahuan saya pada saat itu, saya tidak menyadari bahwa itu wajib. Apakah saya sekarang harus menggantinya? Selain dari menggantinya, apakah  ada penebusan dosa yang harus saya lakukan?

Jawaban:
Adalah suatu keharusan atas Anda untuk mengganti puasa yang mana tidak Anda kerjakan, pada saat yang sama, bertobatlah dan mohon ampun kepada Allah. Anda juga harus memberi makan seorang miskin untuk setiap hari sebanyak setengah sa' dari makanan pokok seperti kurma, beras, atau makanan sejenis lainnya jika Anda memiliki kemampuan untuk melakukannya. Jika anda miskin dan tidak memiliki kemampuan untuk melakukannya, maka tidak ada pada Anda selain mengganti puasa Anda.


Shaykh `Abdul-`Azeez Bin Baz
Islamic Fatawa Regarding Women - Darussalam Pgs. 145-146

Translated from this link on www.fatwaislam.com

Tidak ada komentar: